Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Istilah cloud computing adalah penggabungan dua unsur teknologi. Computing atau komputer dalam menjalankan proses komputasi menggunakan RAM, CPU, storage, dan sistem operasi.

Dan cloud dalam istilah cloud computing mewakili cara mengaksesnya. Jadi cloud computing sederhananya adalah komputer yang diakses melalui internet (cloud).

Dari makna istilah cloud computing bisa dibayangkan bahwa akan ada kemudahan-kemudahan dan tentu kekurangan yang akan muncul dengan teknologi ini.

Dengan menggunakan layanan cloud computing kamu bisa mengaksesnya darimana saja melalui jaringan internet. Tidak seperti PC offline di rumah yang terbatasi oleh tempat. Mobilitas pun menjadi lebih mudah.

Kelebihan Cloud Computing

1. Akses Mudah

Tidak perlu menggunakan komputer untuk menyimpan data, karena data yang digunakan akan tersimpan didalam server cloud. Sehingga ketika kita berada dimanapun akan bisa mengakses lewat internet.

2. Fleksibilitas

Jika membutuhkan upgrade spesifikasi komputer cloud yang kamu gunakan, dengan melakukan self-provisioning hanya dalam hitungan menit kapatasitas yang ditambahkan siap digunakan.

3. Ketersediaan Data

Sistem yang digunakan cloud sudah didesain high availability, sistem tersebut sudah berada pada data center yang sudah menjamin ketersediaan listrik, pendingin, dan lainnya yang sudah menjadi fasilitas pendukung selama 24 jam.

4. Investasi

Kelebihan lain dari cloud computing, khususnya bagi perusahaan-perusahaan besar. Dengan adanya sistem komputasi awan memungkinkan perusahaan untuk mengurangi infrastruktur komputer yang memerlukan biaya pengadaan dan perawatan cukup besar.

Kekurangan Cloud Computing

1. Resiko kerahasiaan data

Selalu ada risiko data user dapat diakses oleh orang lain yang tidak berkepentingan.

2. Bergantung pada koneksi internet

Internet merupakan satu-satunya jalan menuju cloud computing. Ketika tidak ada koneksi internet di tempat Anda, atau jalur internet menuju cloud provider sedang bermasalah, secara otomatis akses ke mesin cloud computing Anda akan terputus.

Nah dari sinilah hambatan terbesar yang tengah terjadi di Indonesia, karena belum semua seluruh wilayah telah terjangkau oleh akses internet.

3. Tingkat keamanan yang belum terjamin

Dengan menggunakan sistem komputasi awan berarti Anda mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data-data kepada cloud provider. Saat mengalami gangguan, Anda tidak dapat menuntut pihak server karena kesalahan data-data tersebut.


Sumber:
_https://infokomputer.grid.id/2015/12/fitur/mengenal-cloud-computing-kelebihan-kekurangan/
_https://www.maxandro.com/2016/11/kelebihan-dan-kekurangan-cloud-computing.html
_https://mediaweb.co.id/kelebihan-dan-kekurangan-cloud-computing-komputasi-awan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cloud Computing Menghemat Biaya Operasional

Definisi Cloud Computing

Ancaman Pada Komputer dan Internet Anda