Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi merupakan kajian mendasar pada teknik informatika atau ilmu komputer. Sistem operasi dikaitkan dengan komputer ibarat roh bagi manusia. Tanpa sistem operasi, komputer adalah seonggok besi yang tak berdaya. Sistem operasi dalam teknologi sistem komputer adalah komandan yang dapat mengarahkan perkembangan dan tren teknologi sistem komputer.

Buku ini memuat konsep-konsep dan teknik-teknik dasar yang terdapat di sistem operasi. Konsep-konsep dasar merupakan prasarat awal untuk pemahaman inti pokok yang terdapat di sistem operasi. Konsep-konsep pokok dari subsistem-subsistem (komponen-komponen) sistem operasi, yaitu sekilas model sistem komputer, manajemen proses, kongkuresi, manajemen memori, memori maya (virtual memory), manajemen perangkat masukan/keluaran, manajemen sistem file, dan keamanan sistem.

Buku ini membahas secara ringkas, lugas namun menyeluruh terhadap konsep-konsep sangat fundamental yang harus dipahami mahasiswa dan praktisi di bidang komputer dan perangkat lunak. Contoh-contoh yang diberikan meliputi linux dan windows (windows 95 dan windows NT) untuk lebih memberikan gambaran yang lebih jelas dari konsep-konsep dan teknik-teknik yang dibahas.

Buku teks sistem operasi sangat perlu dalam bahasa indonesia, untuk pengajaraan mengenai sistem operasi pada jurusan teknik informatika atau ilmu komputer. Ketiadaan buku teks, dalam mengajar sistem informasi membuat mahasiswa tidak berkembang dan hanya menunggu yag akan diberikan dosen di muka kelas tanpa persiapan sebelumnya.

Buku ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan riil (nyata) mahasiswa teknik informatika, ilmu komputer dan manajemen informatika program diploma maupun strata di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cloud Computing Menghemat Biaya Operasional

Definisi Cloud Computing

Ancaman Pada Komputer dan Internet Anda