Pengertian Komputer menurut para ahli

Karena luasnya ilmu bidang ilmu computer, para ahli dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminology computer, namun pada dasarnya telah memiliki muara arti yang sama

  1. Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefinisikan computer sebagai suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika. 
  2. Menurut V.C hamacher dalam bukunya “Computer Organization” computer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. 
  3. Menurut Robert H. Blissmer (1985)dalam bukunya “Computer Annual” computer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut : 
    • Menerima input 
    • Memproses input tadi sesuai dengan programnya 
    • Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
    • Menyediakan output dalam bentuk informasi 
  4. Sedangkan William M. Fouri dalam bukunya “Introduction to the Computer the tool of Business” berpendapat bahwa computer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan artimatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia. 
  5. Menurut Sanders (1985), computer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan dalam memori. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cloud Computing Menghemat Biaya Operasional

Definisi Cloud Computing

Ancaman Pada Komputer dan Internet Anda